top of page
Search
  • Writer's picturekotakbekalid

Jumat, Sesi Tiganya MasBoi


Semester enam di Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta saya lalui dengan mengambil salah satu mata kuliah puncak yakni Produksi Multimedia dengan 4 satuan kredit semester.


Dalam mata kuliah ini diberikan berbagai tugas yang mewajibkan mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini untuk memproduksi berbagai produk multimedia seperti tulisan melalui blog pribadi maupun kelompok, podcast, liputan yang kemudian dibuat produk jurnalistik multimedia, live report, radio visual dan produk akhir berupa program televisi.


Berbagai produk tersebut menuntut mahasiswa untuk bisa memproduksi berbagai produk dengan berbagai cara dan teknik untuk bisa berkembang di dunia multimedia. Dengan begitu saya bisa memiliki blog pribadi, bagaimana untuk bisa membuat tulisan kita menarik untuk dibaca dan bisa menarik banyak pengunjung, kemudian channel podcast di Soundcloud, saya bisa untuk mengolah konten dan memproduksinya sampai bisa dipublikasi, pengalaman live report yang jarang atau bahkan tidak pernah dilakukan sebelumnya dan memproduksi program televisi mulai dari mengonsep acara, mencari talent, eksekusi shooting sampai pada editing saya lakukan dengan maksimal.


Dari produk tersebut bisa memberikan saya pengalaman yang belum pernah dirasakan sebelumnya, dan tentunya adalah melahirkan portfolio bagi saya akan dunia media massa selanjutnya dan produk-produk yang saya buat.


Akan tetapi terdapat beberapa konten yang sama dengan Mata Kuliah Jurnalisme Multimedia, sehingga saya sedikit bingung dengan perbedaan antara Jurnalisme Multimedia dan Produksi Multimedia ketika konten mingguannya sama, sebagai saran, mata kuliah Produksi Multimedia bisa lebih difokuskan pada cara dan teknis memproduksi produk multimedia dengan langsung praktik dengan dosen pengampu.


Selain produk jurnalistik multimedia yang dihasilkan, output dari matakuliah ini yakni sebuah nilai dari sang dosen pengampu. Sebuah nilai yang diagung-agungkan oleh mahasiswa hehe. Dengan berbagai produk yang saya hasilkan dan usaha yang saya keluarkan selama saya menempuh mata kuliah ini saya berharap bisa memperoleh nilai A.


Mengapa bisa mendapatkan nilai A ? Coba dilihat beberapa karya produk jurnalistik yang sudah saya buat dengan keringat dan usaha yang maksimal, paling maksimal buat Ujian Akhir Semester hehe.



Hingga pada USAHA TERAKHIR dan SANGAT MAKSIMAL di Program Kotak Dialog untuk Ujian Akhir Semester, silakan lihat hasil usaha saya dan teman-teman saya! Kotak Dialog by Kotak Bekal Production!







47 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page